Daftar Chipset Smartphone Terbaik Saat Ini

Berita Terbaru Teknologi – Jika kalian mengenal Komputer/PC yang memakai procesor seperti Intel dan AMD menjadi otaknya, hampir sama dengan smartphone. Sama fungsinya namun berbeda namanya, jika di smartphone lebih sering disebut sebagai Chipset. Saat ini sendiri Chipset sudah menjadi salah satu acuan seseorang ketika ingin membeli smartphone baru. Kembali lagi seperti yang kami sebutkan diatas, chipset ini menjadi otak utama dari sebuah smartphone. Kecepatan proses data yang dilakukan akan sangat berpengaruh dari chipset apa yang dipakai dalam smartphone tersebut. Nah jika kamu belum tau mengenai jenis chipset, disini kami berikan daftar chipset terbaik di tahun 2021.

Daftar Chipset Smartphone Terbaik Saat Ini

  1. Chipset Apel A13 Bionic

Apple A13 Bionic dibuat oleh TMSC dengan teknologi 7nm N7P (teknologi fabrikasi 7nm generasi ke-2). Chipset ini berisi lebih dari 8,5 miliar transistor yang tentunya membuat chipset yang satu ini memiliki performa yang tinggi namun tetap hemat daya. Apple A13 Bionic ini sendiri terdapat 6 prosesor inti berbasis ARMv8.4-A. Di dalamnya, terdapat dua prosesor berperforma tinggi dengan kecepatan 2,65 GHz yang disebut Lightning. Sedangkan 4 prosesor lainnya untuk mengoptimalkan daya dan sering disebut Thunder.

Jika dibandingkan dengan Apple A12 Bionic, 2 prosesor berkinerja di A13 Bionic 20% lebih cepat dan mengonsumsi daya 30% lebih sedikit. Sementara keempat prosesor efisiensi memiliki kinerja hingga 20 persen lebih cepat dan mengonsumsi daya 40% lebih sedikit daripada prosesor efisiensi yang ditemukan di Apple A12 Bionic. Performa grafis A13 Bionic performanya juga lebih tinggi sekitar 20% lebih cepat dan 40% lebih hemat daya jika dibandingkan degan chipset Apple A12 Bionic. Faktor tersebut yang membuat iPhone memilih chipset A13 Bionic dengan performa tinggi dan tetap hemat daya.

  1. Chipset Snapdragon 865+

Snapdragon 865+ atau Snapdragon 865 Plus adalah chipset yang cepat. Hal tersebut dikarenakan chipset ini dibekali dengan prosesor clock tinggi dan GPU yang tinggi. Chipset ini juga sudah memiliki berbagai macam fitur pendukung untu membuatnya semakin cepat dan efisien. Di dalam chipset ini, terdapat tiga cluster prosesor yang disematkan. Pertama, cluster Kryo 585 dengan empat core berkecepatan 1,8 GHz untuk performa hemat daya. Cluster kedua dengan tiga core berkecepatan 2,42 GHz untuk performa yang lebih cepat maksimal. Dan cluster Kryo 585 prime dengan satu kecepatan inti 3,1 GH z untuk kinerja yang lebih cepat. Snapdragon 865+ juga memiliki fitur khusus untuk memutar film. Fitur ini juga yang membuat smartphone dengan chipset ini dapat bermain game sampai tembus 144 fps. Ada juga fitur gaming True 10-bit HDR. Dilihat dari fitur-fitur tersebut, nampaknya chipset ini dihadirkan untuk ponsel khusus untuk game.

  1. Chipset Snapdragon 865

Snapdragon 865 adalah chipset yang relatif cepat. Chipset ini menjadi fondasi kehadiran Snapdragon 865+. Sebenarnya kedua chipset tersebut hampir sama yang termasuk jenis CPU dan GPU. Hanya saja Snapdragon 865+ memiliki clock yang ditingkatkan dan dilengkapi fitur untuk memaksimalkan pengalaman bermain game dengan lebih baik. Snapdragon 865 memiliki nomor dengan tiga cluster yang persis seperti Snapdragon 865+. Hanya cluster Kryo 585 Prime pada chipset yang memiliki kecepatan 2,84 GHz, bukan 3,1 GHz. Chipset ini juga memiliki GPU Adreno 650 yang memiliki kecepatan 10 persen lebih rendah dibandingkan dengan Adreno 650 yang disematkan di Snapdragon 865. Chipset Snapdragon 865 sendiri sudah banyak ditanamkan pada smartphone Android kelas atas. Sebut saja seperti OPPO Find X2, Xiaomi Mi 10, Black Shark 3, dan Poco F2 Pro yang punya chipset jenis ini. Snapdragon 865 sendiri merupakan salah satu chipset dari Qualcomm yang terintegrasi dengan modem 5G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *